Help improve Learn WordPress for everyone - fill out the individual learner survey today.

Pengenalan Dasbor WordPress


Dalam pembelajaran ini, Anda akan belajar bahwa Dasbor WordPress adalah layar pertama yang Anda lihat setelah login ke WordPress. Di Dasbor, Anda akan menemukan informasi status dan tautan ke semua fitur administratif situs Anda. Pembelajaran ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Dasbor diatur dan cara mengakses berbagai fitur situs WordPress Anda.  

Tujuan

Setelah menyelesaikan pembelajaran ini, Anda akan mampu:

  • Login ke Dasbor.
  • Mengetahui komponen Dasbor yang terdiri dari Admin Bar, Menu Sidebar, Widget Dasbor, daftar, dan tautan-tautan yang tersedia.
  • Mengetahui informasi status situs Anda.
  • Mengenal dan menggunakan daftar tabulasi yang tampil di halaman administratif.
  • Keluar dari dasbor

Keahlian Prasyarat 

Anda akan lebih mudah mengikuti pembelajaran ini jika Anda sudah menguasai dan familiar dengan:

  • Keahlian dasar menggunakan komputer (login, logout, komponen layar aplikasi, tab, toolbar).
  • Menggunakan browser web.
  • Menggunakan keyboard dan peranti penunjuk (mis. mouse).

Materi yang Diperlukan

  • Instalasi WordPress yang aktif yang memiliki fitur pos, laman, dan pustaka media
  • Nama pengguna dan kata sandi akun Admin situs 

Pertanyaan Kesiapan

  • Apakah Anda ingin mengelola situs WordPress; misalnya mengedit pos dan halaman?
  • Apakah Anda mempunyai akses ke situs WordPress yang aktif?

Catatan untuk Presenter

  • Guru harus memiliki akses ke Dasbor, baik yang dipasang secara lokal atau di server jarak jauh. Dasbor ini harus dapat dilihat oleh semua siswa.
  • Secara opsional, siswa harus memiliki akses ke Dasbor mereka sendiri, baik yang diinstal secara lokal maupun di server jarak jauh.
  • Tangkapan layar dalam rencana pelajaran ini disediakan hanya untuk mengilustrasikan bagian-bagian halaman yang sedang dibahas.
  • Instruksi kepada guru ditunjukkan dalam tanda kurung siku.

Panduan Rencana Pembelajaran

Login

Untuk masuk ke situs Anda, ketik URL berikut ini di bilah alamat browser web:

yourwebsite.com/wp-admin

Login page for a WordPress site

Formulir Login Admin WordPress

Ganti “yourwebsite.com” dengan URL situs web Anda yang sebenarnya. Masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda. Anda dapat mencentang kotak “ingat saya” jika Anda akan menggunakan komputer (non-publik) yang sama untuk kembali ke situs web nanti dan ingin masuk secara otomatis. Jika kotak ini dicentang, browser akan membuat Anda tetap masuk selama 14 hari. Jika tidak dicentang, Anda akan keluar saat menutup browser atau setelah dua hari. Jika Anda tidak ingat kata sandi Anda, klik tautan “Kehilangan kata sandi Anda?” di bawah formulir. Masukkan nama pengguna atau alamat email Anda dan Anda akan menerima tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.

Bilah Admin

WordPress Dashboard Admin Bar

Bar Admin Dasbor

Bar Admin adalah bilah menu abu-abu tua yang muncul di bagian atas dasbor. Dia juga muncul di bagian atas situs, ketika Anda masuk. Namun, dia tidak terlihat oleh pengunjung publik ke situs tersebut.

Pada tangkapan layar yang disematkan lebih jauh dalam teks, Anda dapat melihat salah satu kemungkinan konfigurasi dasbor. Tampilan dasbor akan berubah berdasarkan plugin apa yang Anda aktifkan, perusahaan hosting Anda, dan cara Anda mengonfigurasinya secara pribadi.

Ikon WordPress

Di pojok atas kiri bar admin, Anda akan melihat ikon WordPress. Jika Anda mengarahkan kursor ke ikon ini, menu dinamis dengan empat tautan akan muncul:

  • Tautan WordPress.org langsung ke situs utama WordPress, yang berisi unduhan dan dokumentasi untuk apllikasi WordPress.
  • Tautan dokumentasi ke Codex WordPress, yang merupakan dokumentasi resmi untuk WordPress. 
  • Tautan Forum Bantuan ke area bantuan WordPress.org.
  • Tautan Masukan ke forum bantuan di WordPress.org yang didedikasikan untuk permintaan dan masukan. 

Ikon Home

Ikon selanjutnya di bar admin adalah ikon home untuk situs Anda. Mengklik tautan ini akan membawa Anda ke halaman depan yang menghadap ke publik dari situs Anda. Saat Anda berada di sana, tautan di posisi ini akan membawa Anda kembali ke Dasbor. Ini adalah sebuah toggle. Anda mungkin akan terbantu dengan membuka Dasbor dan situs utama Anda terbuka di tab browser terpisah, agar Anda dapat berpindah dengan cepat. 

Ikon Notifikasi

Ada dua ikon notifikasi yang dapat muncul di Bar Admin. Komentar selalu terlihat. Jika ada komentar pending di situs Anda, ikon ini akan berubah warna dan menampilkan jumlah komentar di samping ikon tersebut. Mengklik ikon tersebut akan membawa Anda ke halaman Komentar. Ada juga ikon Update, yang muncul jika ada update tersedia untuk plugin, theme atau file core WordPress Anda. Mengklik ikon ini akan membawa Anda ke halaman Update. 

Mengarahkan kursor ke Baru akan membuka tautan untuk membuat item baru seperti Halaman, Artikel, atau Media. Isi dari daftar ini tergantung dari peran pengguna Anda. Misalnya, jika peran Anda tidak memperbolehkan membuat pengguna baru, Anda tidak akan melihat Pengguna di menu ini. Beberapa plugin juga menambahkan item tertentu di menu. Mohon perhatikan bahwa menu ini menduplikasi beberapa tautan di menu sidebar, yang nanti akan kita bahas. 

Nama Pengguna dan Avatar

Di pojok kanan atas bar admin, Anda akan melihat nama pengguna dan avatar Anda. Dari menu ini, mengklik nama atau “Edit Profil Saya” akan membawa Anda ke halaman Edit Profil. Mengklik Log Out akan membuat Anda keluar dari WordPress. Di bawah Admin Bar yang berwarna abu-abu tua ada dua tab: tab Opsi Layar dan Bantuan.

Tab Opsi Layar

Tab Opsi Layar muncul di hampir semua halaman administratif dan memperbolehkan Anda untuk mengontrol elemen yang muncul pada layar. Ini adalah tampilan yang tampil hanya untuk Anda. Ketika orang lain log in ke Dasbor mereka, mereka akan melihat sesuai dengan pengaturan Opsi Layar mereka. 

Klik tab Opsi Layar dan Anda akan melihat daftar widget administratif yang tersedia di halaman tersebut. Setiap widget mempunyai daftar kontrol checkbox yang ingin ditampilkan di layar. [Demonstrasi mengecek checkbox]. Halaman yang berbeda akan mempunyai opsi yang berbeda dan beberapa halaman, seperti Editor, akan mempunyai opsi yang lebih banyak. Sangat umum untuk sebuah layar tidak menunjukkan semua informasi yang ada (misalnya, bagian kutipan artikel bisa tidak terlihat). Hal ini dapat membuat frustrasi dan tab opsi layar adalah solusinya. 

Tab Bantuan

Tab bantuan, yang juga berada tepat di bawah bar admin abu-abu tua, berisi informasi mengenai halaman yang sedang terbuka [buka halaman Bantuan]. Dalam hal ini, Anda akan mendapat gambaran, informasi mengenai menu navigasi di kiri, bagaimana cara mengontrol tata letak halaman, dan konten yang Anda lihat di halaman ini. Setiap halaman di area admin akan menunjukkan informasi relevan di bawah tab Help.

Isi Halaman

WordPress Dashboard Page Body

Dasbor Isi Halaman

Di badan Dasbor, Anda akan menemukan sejumlah widget atau panel administratif. Anda telah melihat bagaimana ini dapat ditampilkan dan disembunyikan menggunakan kotak centang di tab Opsi Layar. Posisinya juga dapat diubah, cukup dengan menyeret dan melepaskannya. [Demonstrasikan menyeret dan menjatuhkan.]

Perhatikan bahwa pada tangkapan layar salah satu kemungkinan konfigurasi dasbor WP ditampilkan. Tampilan dasbor akan berubah berdasarkan plugin apa yang Anda aktifkan, perusahaan hosting Anda, dan cara Anda mengonfigurasinya secara pribadi.

Ada beberapa widget di sini yang disertakan saat WordPress diinstal, antara lain:

  • Sekilas. Widget ini memberi Anda total cepat untuk jumlah halaman, posting, dan komentar yang saat ini ada di situs Anda. Itu juga menampilkan tema saat ini dan akan mencatat jika mesin pencari tidak disarankan mengindeks situs.
  • Draf Cepat. Apa pun yang dimasukkan ke dalam formulir ini akan disimpan sebagai draf postingan. Artinya, itu akan disimpan tetapi tidak dipublikasikan di situs. Daftar tautan ke draf yang saat ini disimpan ditampilkan di bawah formulir ini. Ini berguna untuk mencatat ide cepat untuk posting yang ingin Anda kembalikan dan selesaikan nanti.
  • Aktivitas. Aktivitas menampilkan postingan dan komentar terbaru Anda, yang ditautkan ke editor masing-masing.
  • Widget ditambahkan oleh plugin. Beberapa plugin menambahkan widget administratif mereka sendiri. Ini dapat dipilih di tab Opsi Layar dan diseret dan dilepas, seperti yang diinstal oleh WordPress.

Sidebar Kiri

WordPress Dashboard Left Sidebar

Sidebar Kiri Dasbor

Cara paling umum untuk berpindah-pindah di area admin adalah dengan menggunakan link navigasi di sidebar kiri. Beberapa di antaranya lebih sering digunakan daripada yang lain, terutama postingan, halaman, dan komentar.

Ketika ada item sub-menu, mereka ditampilkan dalam menu fly-out dinamis [demonstrate] dan setelah Anda mengklik item menu dengan sub-menu, submenu akan ditampilkan di sidebar [demonstrate with Posts]. Seperti yang Anda lihat, ini adalah item sub-menu yang tersedia di bawah Posting.

Item menu di sidebar akan bervariasi, tergantung pada peran yang diberikan kepada Anda sebagai pengguna. Misalnya, pengguna dengan peran Penulis tidak akan melihat item menu apa pun yang tidak terkait dengan pengeditan postingan dan halaman. Pengguna dengan peran Admin akan melihat semua yang tersedia untuk situs tersebut.

Plugin juga menambahkan item ke menu ini, di posisi yang dikontrol oleh pembuat plugin.

Daftar Pos

Daftar Pos

WordPress menampilkan banyak koleksi item yang berbeda dalam format tabel. Penulis plugin didesak untuk menampilkan informasi dalam format ini tetapi beberapa memilih untuk tidak melakukannya, yang dapat membingungkan.

Buka dan lihat halaman daftar Posting. [buka posting jika belum dibuka]. Ketika Anda mengklik judul posting, itu akan terbuka di editor. Namun, perhatikan bahwa saat Anda mengarahkan penunjuk tetikus ke atas judul kiriman, tautan tambahan muncul di bawah judul. Ini termasuk Edit (sama seperti mengklik judul), Edit Cepat, Sampah, dan Lihat. Beberapa plugin juga menambahkan lebih banyak tautan di sini.

  • Edit Cepat memungkinkan Anda untuk mengubah banyak informasi meta tentang kiriman, tanpa membukanya di editor. Anda dapat dengan cepat mengubah kategori postingan, tag, dan beberapa item lain yang akan Anda pelajari lebih lanjut nanti.
  • Sampah memindahkan pos ke folder sampah. Anda dapat memulihkan apa pun yang telah Anda buang ke tempat sampah hingga 30 hari, kecuali Anda sengaja menghapusnya atau kecuali pemasangan WordPress Anda telah menetapkan jangka waktu yang berbeda.
  • Lihat tautan ke pos yang terlihat secara publik di situs.

Posts Bulk Edit

Edit Posting Massal

Anda dapat menggunakan kotak centang di sebelah judul untuk melakukan tindakan pada banyak item. Setelah mencentang satu atau beberapa kotak [centang beberapa kotak], drop-down Tindakan Massal menampilkan tindakan yang dapat dilakukan. [Klik drop-down] Seperti yang Anda lihat, tindakan di sini adalah Edit dan Pindahkan ke Sampah.

Jika Anda memilih Edit dan klik Terapkan, Anda akan melihat menu yang sama seperti yang kita lakukan sebelumnya untuk Edit Cepat. Namun sekarang, setiap perubahan akan diterapkan ke semua item yang dicentang, saat tombol Perbarui diklik. Hati-hati, Anda dapat mengubah banyak hal dengan satu klik [klik Batal].

Memilih Pindahkan ke Sampah dan mengklik Terapkan akan memindahkan semua posting yang dicentang ke folder sampah.

Tautan di atas tabel akan memfilter daftar postingan untuk menampilkan Semua, Dipublikasikan, Draf, dan Sampah. [Pindahkan sesuatu ke Sampah, jika belum ada apa-apa di sana] Saat melihat daftar posting di Sampah, tautan rollover mencakup Pulihkan dan Hapus Secara Permanen [demo Pulihkan].

Anda juga dapat memfilter daftar postingan berdasarkan tanggal (bulan dan tahun) atau kategori [klik drop-down untuk mendemokan].

Kontrol paginasi memungkinkan Anda menelusuri daftar item satu halaman dalam satu waktu.

Terakhir, Anda dapat mencari kata atau frase yang mungkin terkandung dalam postingan Anda. Setiap post yang mengandung kata pencarian akan ditampilkan.

Daftar Halaman

Daftar halaman mirip dengan daftar Posting tetapi memiliki lebih sedikit kolom. Ini mencerminkan sifat halaman vs. posting yang lebih sederhana. Perilaku roll-over tetap sama saat Anda menggerakkan penunjuk mouse di atas judul halaman. Masih ada drop-down tindakan massal dengan opsi yang sama yang Anda lihat di daftar Posting.

Pustaka Media

Pustaka Media dapat menampilkan item dalam tampilan kisi, sebagai thumbnail saja, atau tampilan daftar, yang lebih mirip dengan daftar Halaman dan Posting yang baru saja Anda lihat. Satu-satunya tindakan massal untuk item Pustaka Media adalah Hapus Permanen, yang cukup jelas. Kolom yang unik untuk Perpustakaan Media adalah Diunggah ke. Ini memberi tahu Anda di halaman atau pos mana item tertentu sedang digunakan. Kolom ini mungkin kosong jika item diunggah langsung ke Perpustakaan dan tidak dilampirkan ke halaman atau postingan.

“Alat dan Pengaturan”

Bilah sisi kiri juga akan memiliki bagian yang disebut “Alat” dan “Pengaturan”. Isi dari bagian ini tergantung pada peran pengguna dan juga plugin yang dipasang di situs.

Kesimpulan

Sekarang Anda tahu cara berinteraksi dengan sebagian besar layar yang akan Anda temui di Dasbor dan seluruh area administratif. Perancang WordPress telah berupaya keras untuk menjaga konsistensi perilaku mereka, seperti halnya pengembang plugin yang lebih baik. Jika Anda memiliki halaman plugin yang terlihat sangat berbeda, Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk menggantinya dengan yang lebih baru. Jika Anda melihat bagian di bilah admin yang belum tercakup di sini, kemungkinan bagian tersebut ditambahkan oleh plugin tertentu. Untuk informasi yang lebih spesifik, periksa dokumentasi untuk plugin tersebut. Ada pertanyaan?  

Latihan

Sembunyikan, tampilkan, dan posisikan widget Dasbor

Tunjukkan kemampuan untuk menyesuaikan Dasbor.

  • Menggunakan Opsi Layar, sembunyikan pesan Selamat Datang yang ditampilkan secara default di informasi WordPress baru. Jika pesan sudah disembunyikan, buat agar terlihat.
  • Pindahkan pesan Selamat Datang ke posisi berbeda di Dasbor.

Sunting postingan menggunakan Sunting Massal

Peragakan kemampuan untuk memodifikasi posting tanpa membukanya di penyunting.

  • Menggunakan Sunting Massal, tambahkan satu tag ke satu atau beberapa postingan.

Kuis

Menu drop-down pada nama dan ikon Anda di bar admin dapat Anda gunakan untuk:

  1. Beralih akun pengguna
  2. Melihat situs web seperti pengguna umum
  3. Logout dari admin
  4. Mendapatkan bantuan

Jawaban: 3. Menu drop-down menampilkan menu Log Out.

Benar atau salah: “Pengaturan” adalah menu terakhir yang ada di navigasi sidebar.

Jawaban: Salah. Plugin lain dapat menambahkan item menu setelah Pengaturan.

Manakah hal-hal berikut yang tampil di dalam widget Aktivitas di Dasbor:

  1. Notifikasi rilis baru WordPress
  2. Daftar pos yang baru saja diterbitkan
  3. Google Analytics
  4. Draf yang belum diterbitkan

Jawaban: 2. Daftar pos yang baru saja diterbitkan

Jika Anda menemukan ada bagian di salah satu halaman dasbor Anda yang hilang, hal PERTAMA yang harus Anda lakukan adalah:

  1. Gunakan forum bantuan dan minta bantuan.
  2. Cadangkan situs dan nonaktifkan semua plugin untuk melihat apakah bagian tersebut muncul.
  3. Periksa tab opsi layar di kanan atas di bawah bar admin.
  4. Cadangkan situs dan aktifkan tema WordPress default (mis. Twenty Sixteen).

Jawaban: 3. Periksa tab opsi layar di kanan atas di bawah bar admin.